Wajib Tahu! Ini Keutamaan Shalat Dhuha yang Jarang Diketahui

- Senin, 4 Oktober 2021 | 09:09 WIB
Ini Keutamaan Shalat Dhuha yang Jarang Diketahui (Michael Burrows/Pexels)
Ini Keutamaan Shalat Dhuha yang Jarang Diketahui (Michael Burrows/Pexels)

InfoRedaksi.com, Jakarta - Sahabat seputar muslim yang dirahmati Allah SWT, Shalat Dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan ketika waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul enam atau tujuh pagi) hingga waktu zuhur. Jumlah rakaat sholat dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.

Adapun keutaman shalat dhuha adalah sebagai berikut:

Dari Anas RA:
“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.”

Baca Juga: Catat! Ini Zikir Penghapus Dosa Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

“Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. At-Tarmidzi).

“Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634).

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala,” (HR. At-Thabrani).

Baca Juga: Catat! Dua Belas Amalan Ringan Namun Berpahala Besar

“Shalatnya banyak orang yang bertaubat adalah ketika berdirinya anak gamal karena teriknya matahari”. (HR. Mukmin).

Halaman:

Editor: M. Ferry Angga Hermawan

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X