• Selasa, 17 Mei 2022

Catat! Dua Belas Amalan Ringan Namun Berpahala Besar

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 11:08 WIB
Ilustrasi Amalan (Mucahityildis/Pixabay)
Ilustrasi Amalan (Mucahityildis/Pixabay)


Jakarta - Sahabat seputar muslim yang dirahmati Allah, diantara yang diajarkan Rasulullah SAW pada kita adalah rutin mengamalkan amalan shalih meskipun amalan itu sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang remeh oleh sebagian orang.

Namun ternyata tanpa kita sangka, ternyata amalan tersebut mengandung pahala yang besar. Inilah keistimewaan dalam agama kita, amalan yang sedikit, malah diberi balasan yang besar.

Lihat kisah yang disebutkan dalam hadits berikut ini. Dari Abu Hurairah a, Nabi ` bersabda,“Permisalan kalian dengan ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) seperti permisalan seseorang yang diberi upah. Ditanya, “Siapa yang mau bekerja dari pagi hingga pertengahan siang (waktu zawal atau waktu Zhuhur) lalu mendapat upah satu qirath?” Lalu yang bekerja ketika itu adalah orang Yahudi.

Baca Juga: Kemenperin Dukung Peningkatan Ekspor Produk Halal ke Jepang

Kemudian ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari pertengahan siang hingga waktu ‘Ashar dengan mendapat upah satu qirath?” Lantas yang bekerja adalah Nashrani. Lalu ditanya lagi, “Siapa yang mau bekerja dari ‘Ashar hingga matahari tenggelam, upahnya dua qirath?” Itulah kalian umat Islam.Yahudi dan Nashrani lantas marah.

Mereka katakan, “Kami lebih banyak bekerja, namun kenapa kami diberi sedikit?” Dijawab, “Apakah upah kalian dikurangi?” Mereka jawab, “Tidak.” Lalu dijawab, “Itulah keutamaanku dan keutamaan yang diberi pada siapa saja yang dikehendaki oleh Allah.” (HR. Bukhari, no. 2268)

Dibawah ini akan kami sebutkan beberapa amalan yang ringan untuk dilakukan namun berpahala besar, diantaranya yaitu :

Baca Juga: Tanda Diterimanya Amal oleh Allah SWT

Pertama, Dzikir “Subhânallâh wa bihamdihi, Subhânallahil ‘azhîm”. Dari Abu Hurairah a, dari Nabi, beliau bersabda,“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Ar Rahman yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (H.R. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

Kedua, Mengikuti muadzin di dalam adzannya. “Dari Abdullah bin Amr bin Ash h meriwayatkan bahwa beliau telah mendengar Nabi Muhammad ` bersabda, “Jika kalian mendengar seorang muadzdzin maka ucapkanlah seperti apa yang dia ucapkan, kemudian bershalawatlah kalian atasku, karena sesungguhnya barangsiapa yang bershalawat atasku satu kali shalawat, maka Allah akan bershalawat atasnya sepuluh kali, kemudian mintalah kalian kepada Allah untukku Al Wasilah, karena sesungguhnya ia adalah kedudukan di dalam, tidak pantas mendapatkannya melainkan untuk seorang hamba dari hamba-hamba Allah dan aku berharap akulah orangnya (yang mendapatkan itu), maka barangsiapa yang memohonkan untukku Al Wasilah maka halal bagiannya syafaat.” (H.R. Muslim)

Halaman:

Editor: M. Ferry Angga Hermawan

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Larangan Menyembunyikan dan Pelit Ilmu Dalam Islam

Senin, 4 Oktober 2021 | 08:13 WIB

Catat! Dua Belas Amalan Ringan Namun Berpahala Besar

Minggu, 3 Oktober 2021 | 11:08 WIB

Tanda Diterimanya Amal oleh Allah SWT

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:50 WIB

Renungkan! 10 Mutiara Kehidupan yang Bakal Hilang

Jumat, 1 Oktober 2021 | 11:35 WIB

Ingat! Ini Perkara untuk Mendapatkan Ridho Allah SWT

Selasa, 28 September 2021 | 15:59 WIB

Keistimewaan Membaca Istighfar dalam Mencari Rejeki

Selasa, 28 September 2021 | 10:31 WIB

Kisah Islami: Sedekah Memperpanjang Umur

Senin, 27 September 2021 | 09:59 WIB

Hati-hati Ini Penyebab Stres Menurut Syeikh Ali Jaber

Sabtu, 25 September 2021 | 08:41 WIB

Apa Saja Keistimewahan Hari Jum'at? Berikut Ulasannya

Jumat, 24 September 2021 | 08:01 WIB

Gunakan Harta Untuk Merebut Pahala dan Surga

Jumat, 24 September 2021 | 06:00 WIB

Inilah Amalan Paling Utama Menurut Rasulullah SAW

Kamis, 23 September 2021 | 05:30 WIB

Terpopuler

X