KKM 135 Untirta Gelar Sosialisasi UMKM Digital dan UMKM Berbasis Produk Halal

- Sabtu, 18 Februari 2023 | 17:00 WIB
Potret Kegiatan  (Istimewa )
Potret Kegiatan (Istimewa )

INFOREDAKSI - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan program pengabdian masyarakat yang merupakan baian dari Tridharma perguruan tinggi memalui kegiatan kuliah kerja mahasiswa (KKM).

KKM ini dilaksanakan salah satunya di Kabupaten Serang yaitu tepatnya di Desa Walikukun Kecamatan Carenang Kabupaten Serang Banten.

Pada tanggal 4 Febuari 2023, Kelompok 135 Kuliah Kerja Mahasiswa untirta mengadakan sosialisasi UMKM Digital dan UMKM Berbasis Produk Halal.

Baca Juga: Kalah Perolehan Suara Dari Ratu Tisha, Zainuddin Amali Tetap Jadi Waketum 1 Kenapa?

Menurut Vadilla Mutia Zahara, SE.,ME selaku Dosen pembimbing Lapangan KKM 135 tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan UMKM yang berada di Desa Walikukun Carenang melalui Digitalisasi UMKM dengan mengoptimalkan sosial media untuk memasarkan produknya serta mempermudah para pelaku UMKM untuk memperoleh sertifikasi halal bagi produk barang yang diperjualbelikan. 

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Walikukun yaitu Ibu Firda Hardati, S.Pd dan juga diikuti oleh 30 pelaku umkm dengan mengundang pemateri yang merupakan akademisi dan praktisi dibidangnya, diantaranya Bapak Djaka Adiwinata, SE.,MM yang menyampaikan tentang Digitalisasi UMKM terutama di masa pasca Covid 19.

Djaka menyampaikan bahwa inovasi dan perlu diterapkan pada berbagai aspek seperti inovasi produk, inovasi teknologi, inovasi konsep serta inovasi pada desain produk untuk meningkattkan nilai jual suatu produk.

Baca Juga: Sah! Zainuddin Amali dan Yunus Nusi Resmi Duduki Kursi Wakil Ketua PSSI Periode 2023 Sampai 2027

Selain pentingnya digitalisisasi produk umkm, sertifikasi halal produk juga sangat penting untuk menunjang kualitas sebuah produk, materi terkait sertifikasi halal disampaikan oleh Dr. Nurpati Wahyu, beliau menyampaikan bahwa pentingnya sertifikasi halal akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual, selain itu juga dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha umtuk memproduksi dan menjual produk halal, manfaat lain yang akan diterima konsumen adalah jaminan produk halal dan aman dalam mengkonsumsi suatu produk.

Dan harapan besarnya dengan sosialisasi sertifikasi produk halal ini, banyak umkm yang bisa menembus pasar global. ***

Editor: Abidin MR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT ke 36, Pemuda Tani Indonesia Gelar Berbagai Kegiatan

Selasa, 29 November 2022 | 15:27 WIB

Terpopuler

X